Sukses

Kerajinan Puzzle dari Kayu Bekas

Kayu-kayu bekas bangunan serta kayu bakar diolah pengrajin di Cicantayan, Sukabumi, Jabar menjadi mainan dan bahan pelajaran. Kerajinan yang paling banyak diminati berbentuk puzzle.

Liputan6.com, Sukabumi: Sebuah rumah industri di Cicantayan, Sukabumi, Jawa Barat, mengubah kayu-kayu bekas menjadi mainan dan bahan pelajaran. Bahan dasar kerajinan mereka adalah kayu-kayu bekas bangunan serta kayu bakar. Bahkan kini produk kerajinan tangan itu, mampu menghidupi penduduk setempat.

Kerajinan yang paling banyak diminati berbentuk puzzle. Bahkan kerajinan ini banyak dipesan hingga ke mancanegara. Umumnya puzzle yang dibuat adalah puzzle edukatif, seperti alat peraga angka, abjab, serta warna-warna.

Selain puzzle, permainan binatang yang berisi huruf serta peraga lainnya juga dibuat di tempat itu. Menurut Dindin Syamsudin, pengrajin puzzle, belum lama ini, banyaknya pesanan membuat para pengrajin kewalahan karena jumlah tenaga kerja terbatas.
 
Dindin menjelaskan, puzzle-puzzle karya para pengrajin di Cicantayan mampu bersaing dengan produk manapun, termasuk Cina yang kini banyak membanjiri pasaran lokal.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini