Sukses

Sandiaga: Kaos dan Spanduk Paling Banyak Sedot Dana Kampanye

Sandi menyumbang Rp 34 miliar untuk dana kampanye timnya di Pilkada DKI 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon Gubernur dan calon wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahudin Uno telah menyerahkan laporan dana kampanye ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta, Selasa 20 Desember 2016.

Total dana sumbangan kampanye yang masuk ke dalam rekening Anies-Sandi sebesar Rp 35,6 miliar. Mayoritas sumber dana tersebut berasal dari sumbangan pasangan calon, yakni Sandi Rp 34 miliar, Anies Rp 400 juta, Partai Gerindra Rp 750 juta dan PKS Rp 350 juta. Sedangkan sisa Saldo terkakhir dana kampanye tersebut yakni Rp 7 miliar.

Sandiaga mengatakan, untuk pengeluaran dana kampanye yang paling banyak yakni untuk bagian logistik, terutama pembuatan perangkat kampanye, seperti kaos, spanduk dan sebagainya.

"Model kampanye uang paling banyak mengeluarkan dana itu mencetak kaos, logistik," kata Sandiaga Uno di Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Kamis 22 Desember 2016.

Sementara terkait dana kampanye untuk operasional dari kegiatan para relawan, Sandi mengatakan tidak teralu banyak mengeluarkan dana. Kendatipun kegiatan relawan yang dipimpin langsung Boy Sadikin serta tim pemenangan lainnya terbilang cukup banyak.

"Kalau yang dilakukan oleh Pak Boy (ketua relawan) dan relawan itu tidak terlalu banyak menyerap dana. Tapi yang paling banyak ya kaos, spanduk," ujar dia.

Sandi menambahkan, untuk kegiatan kampanye menyapa dan bertemu dengan warga juga tidak terlalu signifikan menyerap dana. "Kegiatan-kegiatan ketemu masyarakat sih enggak terlalu signifikan," tandas Sandi.

Selasa Kemarin Bendahara Tim Sukses Anies-Sandi, Satrio Dimas Adityo telah menyerahkan laporan dana sumbangan kampanye sejak penetapan calon hingga tanggal 19 Desember 2016.

Dalam laporannya, tercatat Anies telah memberikan sumbangan dana sebesar Rp 400 juta, dari Partai Gerindra mengumpulkan dana sumbangan Rp750 juta, PKS berhasil mengumpulkan dana sumbangan sebesar Rp 350 juta,  

Sandiaga Uno tercatat sebagai penyumbang dana terbesar yaitu Rp 34 miliar. Total dana sumbangan kampanye yang masuk ke dalam rekening Anies-Sandi sebesar Rp 35,6 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Sandiaga Uno adalah pengusaha yang kini mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta
    Sandiaga Uno adalah pengusaha yang kini mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta

    Sandiaga Uno

  • Anies Baswedan dan Sandiaga Uno merupakan bakal calon pasangan Kepala Daerah DKI Jakarta nomor urut 1
    Anies Baswedan dan Sandiaga Uno merupakan bakal calon pasangan Kepala Daerah DKI Jakarta nomor urut 1

    Anies Sandiaga