Sukses

Polisi Fokus Antisipasi Kemacetan di Brexit

Jurus mengatisipasi kemacetan libur akhir tahun ini hampir sama dengan arus mudik Lebaran lalu.

Liputan6.com, Semarang - - Kepolisian fokus mengantisipasi kemacetan lalu lintas di pintu keluar Tol Brebes Timur atau yang lebih dikenal dengan Brexit pada libur Natal 2016 dan tahun baru ini. Polisi pun telah menyusun sejumlah jurus untuk antisipasi kemacetan tersebut.

"Fokus di Brexit, beberapa skenario sudah disiapkan," kata Dirlantas Polda Jawa Tengah Kombes Herukoco di Semarang, Kamis 22 Desember 2016.

Antara melansir sejumlah titik yang perlu diantisipasi, yakni persimpangan serta jalur untuk berputar arah.

Menurut dia, jurus mengatisipasi kemacetan di Brexit pada libur akhir tahun ini hampir sama dengan arus mudik Lebaran lalu. Tidak menutup kemungkinan, petugas akan menutup persimpangan atau jalur putar arah di Pantura.

Dia mengatakan skenario yang disiapkan akan diberlakukan ketika terjadi kemacetan hingga dua kilometer. Kendaraan, lanjut dia, akan diarahkan keluar melalui Pejagan.

"Kalau Pejagan juga macet akan dikeluarkan melalui Palimanan," kata Herukoco.

Arus mudik libur akhir tahun diperkirakan mulai terjadi pada 23 Desember 2016.

Sementara itu, kepolisian menyiagakan 9.870 personel untuk pengamanan Natal dan tahun baru, ditambah dari unsur TNI dan pemerintah daerah.

Sebanyak 1.029 pos keamanan dan pelayanan disiagakan di seluruh wilayah Jawa Tengah, termasuk Brexit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.