Sukses

Kepulauan Seribu Antisipasi Angin Puting Beliung

BPBD Jakarta melalui akun twitternya mengumumkan, kekuatan angin di Pulau Tidung saat ini dalam kategori angin kuat.

Liputan6.com, Jakarta - Berbeda dengan daerah lainnya di DKI Jakarta, warga di sejumlah pulau kecil di Kepulauan Seribu tidak khawatir dengan banjir, namun justru waspada dengan angin puting beliung. Penyebabnya, salah satu pulau yakni Pulau Pramuka pernah dilanda angin puting beliung September 2016 lalu.

Guna mengantisipasi bila suatu hari terjadi angin puting beliung, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengadakan simulasi bencana angin puting beliung di Pulau Pramuka, Senin 19 Desember lalu.

"Simulasi untuk mengantisipasi, masyarakat diminta agar cepat menangani bila terjadi angin puting beliung," ujar Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Kabupaten Kepulauan Seribu, Kusmanto, seperti dilansir pulauseribu.com, Kamis (22/12/2016).

Menurut Kusmanto, ancaman angin puting beliung harus diwaspadai karena di Kepulauan Seribu tidak ada gedung-gedung tinggi yang menjadi penghalang angin.

Simulasi juga dinilai perlu agar masyarakat dapat mengantisipasi dan tahu langkah awal yang dilakukan jika terjadi puting beliung.

Sementara BPBD Jakarta melalui akun twitternya, mengumumkan kekuatan angin di Pulau Tidung, salah satu pulau kecil di Kepulauan Seribu, saat ini dalam kategori angin kuat.

"Pantauan AWS Pulau Tidung, 22 Desember 2016 pukul 10.47 WIB. Terpantau kecepatan angin 40.23km/jam (kategori angin kuat)" tweet @bpbdjakarta, Kamis. (Yunita Oktaviany) 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.