Sukses

Kapolri: Operasi Lilin 2017 Libatkan 150 Ribu Personel Gabungan

Kegiatan Kamtibmas itu meliputi pengamanan lokasi ibadah, antisipasi aksi sweeping, dan penangkapan kelompok-kelompok teroris.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan personel gabungan dari TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah melakukan gelar pasukan dalam rangka Operasi Lilin 2017. Sebanyak 150 ribu personel gabungan akan diterjunkan selama operasi yang berlangsung pada 23 Desember 2016 hingga 1 Januari 2017 itu.

"Total pasukan kurang lebih 150 ribu, gabungan Polri, TNI dan instansi terkait," ucap Kapolri Jenderal Tito Karnavian usai apel di Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (22/12/2016).

Tito mengatakan, sejatinya operasi lilin ini sudah berjalan sejak sebelum kegiatan itu dimulai. Kegiatan Kamtibmas itu meliputi pengamanan lokasi ibadah, antisipasi aksi sweeping, dan penangkapan kelompok-kelompok teroris.

"Kita kerja sama dengan semua pihak dari Polri, Pemda dan semua pihak terkait, agar rangkaian kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik," kata dia.

Tito mengimbau kepada jajarannya untuk mengutamakan pendekatan selama mengamankan rangkaian libur Natal dan tahun baru ini. Kendati, bukan berarti polisi mengabaikan tindakan hukum secara tegas apabila ditemukan pelanggaran pidana dalam Operasi Lilin.

"‎Namun jika diperlukan, upaya penegakan hukum juga harus diterapkan secara tegas, utamanya untuk sweeping demi menunjukkan eksistensi negara dalam melindungi masyarakat," pungkas Tito.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.