Sukses

Bea Cukai Sita Ribuan Karung Bahan Peledak

Bea Cukai Riau gagalkan penyelundupan puluhan ton bahan peledak. Untuk mengelabui petugas, kemasan bahan peledak diganti dengan kemasan pupuk.

Liputan6.com, Batam: Jajaran Direktorat Jenderal Bea Cukai Wilayah Khusus Kepulauan Riau menggagalkan penyelundupan puluhan ton bahan peledak berkadar 100 persen. Bahan peledak yang dimasukan dalam ribuan karung ini dibawa Kapal Motor Pratam Jaya dari Johor Baru, Malaysia, tujuan Waci, Sulawesi.

Awalnya KM Pratam Jaya tertangkap di perairan timur Tanjungberakit, Kepulauan Riau karena tidak dilengkapi dokumen. Setelah dilakukan pemeriksaan, ditemukan 2.394 karung bahan peledak yang kemasannya sudah diganti dengan kemasan pupuk. Para pelaku juga menyembunyikan ribuan karung bahan peledak di bagian paling bawah kapal.

Meski modus operandi penyelundupan bahan peledak kali ini sama dengan 75 ton bahan peledak yang pernah ditangkap petugas Bea dan Cukai pada November 2009, belum dapat dipastikan apakah pemiliknya adalah orang yang sama. Saat ini nahkoda dan anak buah kapal ditahan untuk proses penyidikan selanjutnya.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini