Sukses

Menag Lukman Serahkan Bantuan Korban Gempa Aceh Hari Ini

Kepala Pusat Informasi dan Humas Mastuki menjelaskan Menag akan berkunjung ke lokasi gempa di Gampong Lhok Pueuk, Pante Raja, Pidie Jaya.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akan mengunjungi korban bencana gempa Aceh di Pidie Jaya. Menag rencananya bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta pagi ini.

Kepala Pusat Informasi dan Humas Mastuki menjelaskan Menag akan berkunjung ke lokasi bencana gempa bumi di Gampong Lhok Pueuk, Kecamatan Pante Raja, Pidie Jaya.

"Selain melihat kondisi langsung korban bencana di hunian sementara mereka, Menag juga akan menyerahkan sejumlah bantuan," kata Mastuki, dalam keterangan tertulisnya kepada Liputan6.com, Jakarta, pada Rabu, 21 Desember 2016.

Menurut dia, sejumlah bantuan dari Kementerian Agama sudah disiapkan. Salah satunya, bantuan yang sudah disiapkan oleh Direktorat Pembinaan Syariah dan Urusan Agama Islam itu untuk pembangunan masjid. Total bantuan untuk korban gempa Aceh mencapai Rp 850 juta.

Selain itu, Lukman akan menyalurkan bantuan dari dana zakat ASN Kemenag yang dikumpulkan melalui Unit Pengelola Zakat (UPZ) Kemenag Binaan Direktorat Zakat dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sebesar Rp 1 miliar.

"Bantuan yang akan disalurkan itu dalam bentuk 30 unit rumah tumbuh (rutum). Konsepnya, bangunan semipermanen yang diberikan per kepala keluarga," Mastuki menjelaskan.

"Menag juga akan menyalurkan bantuan dari Direktorat Pendidikan Madrasah sebesar Rp 1,4 miliar," imbuh Mastuki.

Bantuan ini dialokasikan untuk membangun ruang kelas sementara madrasah agar siswa bisa belajar. Sebab, sejak pertengahan Desember, pelajar di lokasi ini sudah menjalani kegiatan belajar mengajar. Sementara, Mei mendatang, sebagian dari siswa korban gempa Aceh itu harus mengikuti ujian nasional.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.