Sukses

Terduga Teroris di Payakumbuh Sumbar Termasuk Jaringan Solo

Martinus menjelaskan Jhon Tanamal alias Hamzah merupakan sumber pendanaan untuk jaringan teroris Solo.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Detasemen Khusus (Densus ) 88 Antiteror Polri kembali menangkap terduga teroris. Setelah menangkap seorang terduga teroris di Tangerang Selatan, kali ini Densus mencokok satu lagi terduga teroris di Payakumbuh, Sumatera Barat.

Kepala Bagian Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul, mengatakan penangkapkan terhadap terduga teroris bernama Jhon Tanamal alias Hamzah dilakukan pada Rabu (21/12/2016). Menurut dia, Jhon Tanamal alias Hamzah merupakan bagian dari kelompok jaringan teroris Solo.

"Yang di Payakumbuh ini adalah orang asli Payakumbuh sendiri dan yang bersangkutan merupakan bagian dari kelompok jaringan teroris di Solo atas nama Said," kata Martinus di kompleks Mabes Polri, Jakarta.

"Dan tentu kelompok ini sudah diungkap dan kemudian juga akan dilakukan upaya penangkapan terhadap lainnya," sambung dia.

Martinus menjelaskan Jhon Tanamal alias Hamzah merupakan sumber pendanaan untuk jaringan teroris Solo.

"Yang bersangkutan juga membeli rangkaian bahan-bahan untuk suatu rangkaian bom. Yang bersangkutan juga melakukan percobaan pembuatan bom. Artinya mereka melakukan bersama Zaid dan melakukan percobaan-percobaan bom," terang Martinus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.