Sukses

Jelang Natal dan Tahun Baru, Penginapan di Cianjur Sudah Penuh

Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, tempat penginapan di Cianjur, Jawa Barat sudah habis dipesan.

Liputan6.com, Bogor - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, tempat penginapan di Cianjur, Jawa Barat sudah habis dipesan. Pemesanan kamar hotel telah dilakukan wisatawan sejak satu minggu sebelumnya.

Marketing Manager Hotel Cianjur, Elan Rusdiana mengatakan, untuk momen libur Natal dan pergantian tahun, sebanyak 78 kamar hotel mulai dari kelas standar hingga family telah habis dipesan.

"Reservasi untuk tanggal 25 hingga 2 Januari 2017 sudah terjadi sejak 18 Desember 2016. Dan sekarang sudah full booked," kata Elan, Rabu (21/12/2016).

Menurut dia, para pemesan didominasi dari luar kota seperti Jabodetabek dan Kota Bandung serta kota terdekat lainnya. "Rata-rata yang reservasi dari beberapa perusahaan, keluarga, ataupun perorangan," ujar dia.

Bukan hanya hunian hotel yang mengalami peningkatan, tetapi juga vila-vila di kawasan Cipanas. Peningkatan hunian ini menyebabkan pengelola hotel dan vila menaikkan tarif bagi wisatawan.

"Setiap libur Natal dan Tahun Baru hotel dan vila selalu naik. Kenaikannya mencapai 100 persen," kata Yani, pengelola vila di kawasan Cimacan, Cianjur.

Marwan, salah satu warga Jakarta yang hendak mengisi libur akhir tahun di kawasan wisata berudara sejuk ini mengaku sudah tidak kebagian tempat penginapan. "Dari Cisarua Bogor sampai sini (Cipanas) sudah tidak ada lagi kamar hotel yang kosong," kata warga Jagakarsa, Jakarta Selatan ini.

Ia pun terpaksa akan mencari vila agar tetap bisa menikmati malam pergantian tahun di kawasan pegunungan.

"Mudah-mudahan masih ada vila yang masih kosong," kata Marwan yang hendak mengisi malam pergantian tahun bersama keluarganya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.