Sukses

MUI Larang Ormas Sweeping Atribut Natal Berdalih Tegakkan Fatwa

MUI mengeluarkan fatwa yang mengharamkan umat Islam menggunakan atribut keagamaan non-muslim.

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa yang mengharamkan umat Islam menggunakan atribut keagamaan non-muslim. Mesku begitu, MUI melarang ormas Islam melakukan razia atau sweeping atribut non-muslim jelang hari raya Natal.

Ketua Umum MUI, Ma'ruf Amin menyatakan menolak keras ormas apapun yang melakukan sweeping dengan dalih menegakkan fatwa tersebut.

"Sejak dahulu sampai sekarang dan kapanpun, MUI tidak akan berikan toleransi kepada masyarakat atau ormas untuk melakukan eksekusi dan sweeping, karena yang berhak pemerintah," tegas Ma'ruf di kantornya, Jakarta, Selasa (20/12/2016).

MUI juga meminta pemerintah agar melindungi umat Islam yang dipaksa menggunakan atribut non-muslim saat perayaan Natal oleh perusahaan-perusahaan.

"Kami minta pemerintah yang melindungi masyarakat atas pemaksaan menggunakan (atribut non-muslim). Karena itu kami tidak pernah toleransi sweeping," ujar Ma'ruf.

Dia pun berpesan agar ormas memberikan sosialisasi dan edukasi yang baik dengan masyarakat, dan bukan melakukan sweeping.

"Ormas itu hanya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat," Ma'ruf menegaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini