Sukses

Begini Suasana di Luar Ruang Sidang Ahok

Di luar ruang sidang Ahok, gedung eks PN Jakarta Pusat dipenuhi oleh ratusan orang. Begini penampakannya.

Liputan6.com, Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kembali menghadap majelis hakim di gedung eks Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Jelang sidang perkara dugaan penistaan agama tersebut, gedung eks PN Jakarta Pusat dipenuhi oleh ratusan orang.

Dua dari empat jalur Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat dipenuhi oleh kerumunan massa, polisi dan wartawan. Ada dua massa yang hadir di depan lokasi sidang, yakni Relawan Ahok-Djarot dan kelompok yang kontra dengan Gubernur nonaktif DKI Jakarta tersebut.

Puluhan relawan Ahok-Djarot mendatangi Gedung eks Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. (Liputan6.com/Fachrur Rozie)

Relawan Ahok-Djarot mengenakan baju kotak-kotak biru dan merah ala pasangan calon pimpinan DKI Jakarta itu. Mereka juga membawa sejumlah poster. "Kami Mencari Gubernur yang Bersih dan Bekerja" dan "Kami Umat Islam yang Memaafkan Ahok" dua di antara isi poster itu.

Relawan Ahok-Djarot ini juga mengenakan topi merah dan ikat kepala putih dengan tulisan "Relawan Ahok-Djarot".

Sementara massa yang kontra dengan Ahok mengenakan ikat kepala yang digunakan didominasi warna merah dengan ada kaligafri warna putih. Di bawahnya bertuliskan Aliansi Pergerakan Islam.

Mereka pun membawa spanduk yang bertuliskan, "Kami muslim Jabar siap bergerak terus ke Jakarta untuk mengawal persidangan Ahok penista agama."

Demo di sidang Ahok (Delvira Chaerani Hutabarat/Liputan6.com)

Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, polisi mengerahkan polwan berjilbab. Srikandi ini berdiri di tengah-tengah kedua massa.

Polwan dikerahkan di depan tempat sidang Ahok. (Fachrur Rozie)

Arus lalu lintas di Jalan Gajah Mada pun semakin padat jelang sidang Ahok. Arus lalu lintas tersendat karena banyaknya orang yang berada di lokasi. Ada pula pengendara yang memelankan laju kendaraannya untuk melihat apa yang terjadi di sana.

Kondisi Jalan Gajah Mada di depan lokasi sidang Ahok. (Liputan6.com/Fachrur Rozie)

Akibatnya, banyak kendaraan yang melintas di jalur Transjakarta. Busway menjadi jalur alternatif bagi kendaraan yang melintas di Jalan Gajah Mada. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, pihaknya telah menyebar ribuan personel polisi untuk melancarkan jalannya persidangan kasus Ahok, termasuk mengatur lalu lintas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini