Sukses


Ketua MPR Kunjungi Korban Gempa di Pidie Aceh

Liputan6.com, Jakarta Ketua MPR RI Zulkifli Hasan didampingi anggota MPR Ri Fraksi PAN Ali Taher, Mulfachri Harahap, Muslim Ayub, Pimpinan Lembaga Pengkajian MPR RI Ahmad Farhan Hamid dan Wakil Bupati Pidie Jaya, Minggu (18/12/2016) menyambangi korban gempa Aceh di Kabupaten Pidie Jaya.

Perjalanan yang ditempuh Ketua MPR dan rombongan tidak terbilang mudah, sekitar dua jam perjalanan udara dari Jakarta lalu diteruskan tiga jam perjalanan darat dari Banda Aceh. Di lokasi bencana, Ketua MPR berkeliling melihat secara langsung kerusakan-kerusakan yang diakibatkan gempa berskala 6,5 SR di pagi hari, tanggal 7 Desember lalu.

Ketua MPR juga memantau posko-posko penanganan bencana di beberapa titik di seputar lokasi bencana.

Setelah memantau lokasi kerusakan dan posko-posko penanganan bencana, Ketua MPR menyambangi para korban gempa yang masih tinggal di tenda-tenda pengungsian. Kepada para korban yang kebanyakan ibu-ibu dan anak-anak, Zulkifki menyatakan rasa belasubgkawa yang sangat dalam dan berusaha menguatkan para korban yang masih dirundung kesedihan karena kehilangan tempat tinggal dan kehilangan sanak saudara.

"Saya berkunjung ke Pidie, untuk menyampaikan langsung rasa duka mendalam kepada korban bencana gempa sekalgus melihat kondisii mereka saat ini. Banyak keluarga yang belum mau pulang dan masih menetap di tenda pengungsi karena masih trauma dan ada yang karena rumah mereka sudah hancur. Anak-anak mereka juga lama belum sekolah sejak gempa melanda. Saya berharap rumah-rumah mereka cepat dibantu untuk berdiri kembali sehingga mereka cepat kembali dan anak-anak mereka bisa meneruskan sekolahnya," katanya.

Dalam kesempatan itu, Zulkifli Hasan menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah pusat dan daerah terutama Presiden Joko Widodo yang sangat cepat tanggap dalam menghadapi bencana dan penanganan pasca bencana. Apresiasi juga diberikan Ketua MPR kepada rekan-rekan TNI dan BNPB yang juga sangat cepat dan tanggap menghadapi bencana dan penanganan pasca bencana.

"Saya harap cepat tanggapnya mereka dalam penanganan bencana menjadi pelipur lara dan sebagai penawar kesedihan buat para korban terdampak," ujarnya.

Kepada rakyat terdampak, Ketua MPR Zulkifli Hasan menyerahkan bantuan langsung berupa beberapa genset, ratusan selimut dan uang tunai.

Artikel Selanjutnya
Bitung Dilanda Bencana, Legislatornya Terbang ke Jakarta
Artikel Selanjutnya
Sumbawa Belum Pulih, Banjir Terjang Lombok Timur