Sukses

Paspampres Bersihkan Sampah di Sungai Ciliwung

Kegiatan bersih-bersih Sungai Ciliwung tersebut dalam memperingati Hari Bhakti Paspampres ke-71

Liputan6.com, Bogor - Ratusan personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Grup C Lawanggintung membersihkan tumpukan sampah di Sungai Ciliwung, kawasan Kebun Raya Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat. Kegiatan bersih-bersih tersebut dalam memperingati Hari Bhakti Paspampres ke-71.

Ada dua target yang disasar dalam kegiatan ini yaitu fisik dan nonfisik. Secara fisik mereka membantu pembersihan sampah yang tersangkut di sekitar Kebun Raya Bogor.

Nonfisik menyadarkan serta mengajak masyarakat agar menjaga kebersihan Ciliwung.

"Ini bukti kecintaan kami terhadap sungai karena air merupakan sumber kehidupan," kata Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, Bogor, Sabtu (17/12/2016).

Paspampres mengaku prihatin melihat banyaknya sampah rumah tangga di aliran Sungai Ciliwung, khusus di area Kebun Raya Bogor.

"Karena itu, Paspampres hadir untuk membersihkan sampah di Ciliwung agar kebun raya tetap menjadi tujuan wisata yang nyaman," ujar Bambang.

Pada peringatan Hari Bhakti Paspampres ke-71 ini, Paspampres menggandeng kepolisian, komunitas peduli lingkungan dan masyarakat Bogor.

"Bahkan dari kesatuan lain, seperti Batalyon 315 dan Pusdikzi pun ikut hadir. Ini tak lain juga untuk mempererat tali silatirahmi," Bambang menjelaskan.

Sementara itu, Kasubag Rumah Tangga dan Protokol Istana Bogor Endang Sumitra mengatakan, Presiden Joko Widodo sangat perhatian dan peduli terhadap lingkungan. Terutama, di tempat Presiden tinggal yaitu di Istana Bogor.

"Jika tidak sedang keluar, Sabtu Minggu Pak Jokowi sering berolahraga di Kebun Raya Bogor. Dan tentunya beliau juga sering memerhatikan kondisi di sekitar sini termasuk Sungai Ciliwung," ujar Endang.

Dalam hitungan dua jam, tonan sampah plastik, sterofoam, ranting, dan sampah rumah tangga lainnya terangkut dari Sungai Ciliwung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.