Sukses

DKI Masuk 15 Kota dengan Inovasi Perencanaan Terbaik Dunia

Pada ajang internasional ini ada sebanyak 301 inovasi yang dinilai.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta masuk dalam 15 besar kota yang memiliki inovasi perkotaan terbaik dalam ajang kompetisi The 3th Guangzhou International Award. Dalam kompetisi itu, Pemprov DKI diwakil Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Kepala Bappeda DKI Jakarta, Tuty Kusumawati mengatakan, kegiatan yang dilombakan yakni perencanaan partisipartif e-Musrenbang.

"Kami tampilkan perencanaan pembangunan yang parsitipatif, yakni e-Musrenbang," kata Tuty, di Balai Kota DKI Jakarta, seperti dikutip dari laman Beritajakarta, Sabtu (17/12/2016).

Tuty menjelaskan, ajang tersebut diikuti oleh 171 kota dari 59 negara. Pada ajang internasional ini ada sebanyak 301 inovasi yang dinilai.

"Hasilnya kami masuk 15 besar sejajar dengan kota-kota negara maju dan berkembang," ucapnya.

Kompetisi ini diadakan oleh Pemerintah Kota Guangzhou yang bekerja sama dengan United Cities and Local Goverment (UCLG) dan The World Assosiation of Mayor Metropolises. Kegiatan ini bertujuan memberikan penghargaan atas inovasi yang dilakukan kota-kota di dunia.

"Inovasi yang dimaksud yakni dalam meningkatkan sosial, berkelanjutan ekonomi, dan lingkungan di wilayahnya dalam rangka memajukan kesejahteraan dan kualitas hidup warganya," tandas Tuty.

Penghargaan yang diterima ini, melengkapi dua penghargaan Pangripta Nusantara 2016 dari Bappenas beberapa waktu lalu. Saat itu DKI dinobatkan sebagai provinsi dengan perencanaan pembangunan terbaik dan paling inovatif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.