Sukses


Ketua MPR Minta Pendidikan Pancasila Kembali Diajarkan

Liputan6.com, Yogyakarta - Keberagaman dan toleransi beragama, menjadi topik hangat beberapa waktu ini. Ketua MPR RI Zulkifli Hasan pun meminta agar pendidikan Pancasila kembali diajarkan.

"Saya setuju dibuat masif lagi di sekolah-sekolah dasar dan seterusnya, pendidikan dasar Pancasila atau apa pun nanti judulnya, itu bagus sekali," kata Zulkifli dalam sosialisasi empat pilar MPR RI bersama Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) di Yogyakarta, Jumat 16 Desember 2016 seperti dilansir Antara.

Menurut dia, pendidikan Pancasila harus diberikan sejak sekolah dasar. "Mulai dari SD harus ada pendidikan Pancasila, guru-guru memberikan contoh, memberikan pelajaran, sekarang kan enggak ada lagi ini, 19 tahun enggak ada lagi," ujar Zulkifli.

Dia mengatakan telah menyampaikan hal tersebut kepada Presiden Joko Widodo. Dia mengaku Jokowi merespon positif usulan tersebut. Bahkan, Jokowi telah menindaklanjutinya.

"Bapak Presiden sudah membentuk komisi nanti yang dipimpin oleh yudikatif mudah-mudahan akan berjalan dengan baik," kata Zulkifli.

Jika Indonesia tidak memperkuat nilai-nilai ke-Indonesia-an, lanjut dia, maka budaya dari luar seperti kekerasan dan radikal akan menyerang bangsa.

"Oleh karena itu, harus kita cegah, 18-19 tahun ini tidak ada lagi pelajaran-pelajaran (Pancasila), nilai-nilai luhur sudah mulai hilang. Akhirnya apa yang terjadi? Pelajar ingin menang sendiri, politik juga mau menang sendiri, mementingkan kelompok dan golongannya," ujar Zulkifli.

"Bagaimana cara mengatasinya? Mari kita kembali kepada nilai-nilai luhur ke-Indonesia-an kita itu yaitu Pancasila," tambah dia.

Artikel Selanjutnya
Ketua MPR: Pancasila Itu Merangkul, Bukan Memukul
Artikel Selanjutnya
Wiranto Ajak Kampus Ikut Bendung Ideologi Anti-Pancasila