Sukses

Jokowi Terima Pimpinan DPD di Istana, Ini Hasil Pertemuannya

Presiden Jokowi didampingi Menko Polhukam Wiranto, Seskab Pramono Anung dan Mensesneg Pratikno.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan Pimpinan dan Ketua Alat Kelengkapan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk rapat konsultasi bersama. Kegiatan tersebut digelar di Istana Merdeka, Jakarta.

Mendampingi Jokowi dalam rapat konsultasi bersama tersebut ialah Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan juga Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Sementara dari DPD hadir di antaranya Ketua DPD Mohammad Saleh, Wakil Ketua DPD GKR Hemas, Farouk Muhammad, beserta sejumlah ketua kelengkapan DPD.

Ketua DPD Mohammad Saleh mengatakan, pertemuan tersebut membahas sejumlah. Di antaranya ialah penguatan kelembagaan DPD dan juga percepatan pembangunan kawasan Indonesia Timur.

"Dalam konsultasi ini kami membahas beberapa aspek, utamanya mengenai upaya penguatan kelembagaan DPD RI itu sendiri baik melalui usul amandemen maupun perubahan Undang-Undang MD3. Selain itu kami juga membahas mengenai percepatan pembangunan kawasan Indonesia Timur, kemiskinan, serta disparitas pendapatan antar wilayah," kata Saleh usai pertemuan, Jumat (16/12/2016).

Dalam pertemuan tersebut, turut dibahas mengenai otonomi khusus Papua serta pembentukan daerah otonomi baru (DOB). Ia menegaskan, DPD akan selalu mendukung sekaligus mengkritisi program-program yang dijalankan pemerintah.

"Selain itu banyak aspek lain yang dibahas, mengenai otsus Papua, kemudian juga masalah pembentukan daerah otonomi baru. Ini beberapa pokok yang dibahas dalam rapat konsultasi tadi. Dan pada intinya, DPD RI tetap mengkritisi dan mensupport program-program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah," terang dia dalam keterangan tertulis dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

Pihak DPD sempat menyinggung perihal program dana desa yang dijalankan pemerintah. Pihaknya mengapresiasi peningkatan dana transfer daerah yang meningkat setiap tahunnya.

"Kita terus mendorong agar upaya peningkatan dana transfer daerah dan dana desa itu dari tahun ke tahun terus ditingkatkan. Ini juga kita melihat bahwa pemerintah sudah mulai melaksanakan itu. Kita lihat dari tahun 2016 dan 2017 itu kenaikannya juga cukup signifikan," puji Saleh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • DPD