Sukses

VIDEO: Warga dan Oposisi Suriah Mulai Tinggalkan Aleppo

Oposisi Suriah merebut bagian timur Aleppo pada 2012 lalu.

Liputan6.com, Aleppo - Sejumlah warga dan anggota pejuang oposisi Suriah meninggalkan kawasan Sukkari di Kota Aleppo. Dengan menggunakan bus, mereka meninggalkan kawasan yang baru saja direbut kembali pasukan pemerintah sehari sebelumnya tersebut.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (16/12/2016), sejumlah bus membawa mereka bergerak menuju pinggiran Kota Aleppo. Proses evakuasi ini menyusul gencatan senjata antara pasukan oposisi dengan pasukan pemerintah.

Sebelumnya Turki dan Rusia menggalang gencatan senjatan bagi kedua kubu yang bertikai. Namun Proses evakuasi ini diprediksi akan berlangsung beberapa hari. Situasi Aleppo yang merupakan kota kedua terbesar di Suriah itu pun kini hancur akibat perang.

Oposisi Suriah merebut bagian timur Aleppo pada tahun 2012 lalu. Namun dalam beberapa pekan terakhir, hampir seluruh wilayah pemberontak kini telah direbut kembali pemerintah melalui serangan udara dan darat.

Turki yang berbatasan dengan Suriah telah menyatakan akan menerima warga yang paling membutuhkan pertolongan. Terutama, anak-anak dan lansia. Selama ini Turki jadi pendukung utama oposisi Suriah dalam upaya menggulingkan pemerintahan Presiden Bashar Al Assad.

Perang Suriah belum diketahui kapan akan berakhir. Sebab masih ada wilayah lain yang jadi kantung pejuang oposisi Suriah.

Saksikan tayangan video selengkapya dalam tautan ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.