Sukses

JK Beri Nama 2 Bayi Baru Lahir di Banyuwangi

Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi. Dia mengunjungi layanan pengurusan akta lahir di wilayah paling timur provinsi Jawa Timur tersebut.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar ini juga turut memberikan nama dua anak warga Banyuwangi yang sedang mengurus akta lahir.

"Untuk anak yang laki, saya beri nama Muhammad Ali. Sementara yang perempuan, saya kasih nama Siti Aisyah," tutur JK dalam keterangan tertulis, Kamis (15/12/2016).

Tidak sampai 15 menit, akta lahir yang tertera nama Siti Aisyah dan Muhammad Ali pun tercetak. Hal ini sangat memungkinkan karena Banyuwangi telah memiliki program pengurusan akta lahir kilat yang diberi nama "Lahir Procot, Pulang Bawa Akta".

Program ini merupakan pelayanan inovasi Pemkab Banyuwangi dalam pembuatan akta kelahiran bagi warga dalam waktu yang super cepat. Saat bayi lahir, keluarga tinggal menyerahkan nama bayi, surat nikah, dan kartu keluarga kepada penyedia layanan kesehatan. Dalam waktu satu hari, akta akan diterbitkan.

JK mengatakan bahwa lewat sejumlah program yang digagasnya, Banyuwangi mencontohkan efisiensi dan keterbukaan sebuah pemerintahan daerah. Hal ini bisa membawa kemajuan suatu daerah.

"Yang tadi ditunjukkan itu mencontohkan efisiensi dan keterbukaan. Selain bisa mengurangi korupsi, bisa mendekatkan kita pada warga," kata JK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini