Sukses

Depok Night Parade, dari Lenong hingga Parade Penyair

Chico mengklaim Depok Night Parade adalah kegiatan pertama kali yang diadakan di Indonesia. Terutama di Kota Depok.

Liputan6.com, Depok - Selama tiga hari, sepanjang jalan Grand Depok City bakal disulap menjadi Depok Night Parade. Berbagai macam kegiatan akan digelar dalam acara tersebut.

"Depok Night Parade akan diselenggarakan pada 16 Desember sampai 18 Desember 2016," kata Ketua IKIAD Depok Chico Tangke Allo dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Kamis (15/12/2016).

Chico mengatakan, Depok Night Parade merupakan kegiatan akbar ketiga yang digagas IKIAD Depok. Namun, kali ini pihaknya berkolaborasi dengan Dewan Kesenian Depok, pemuda, dan pelajar Kota Depok.

"Kita ingin berpartisipasi untuk pembangunan Depok, khususnya pembangunan manusia dengan mendorong adanya ruang-ruang kreatif yang bisa digunakan oleh seluruh masyarakat Kota Depok," ujar Chico.

Adapun kegiatan ini, para seniman asal Depok akan unjuk gigi. Di antaranya ialah lenong, tari topeng Cisalak, Opera Depok, parade penyair, Mahameru, Gardala, D’Mamente, Sharon (Finalis Indonesia Idol 2016), Reisha (Dilema Dua Cinta), Lawak Madikatong, Depok Drums Corps Forte Indonesia.

Chico mengklaim Depok Night Parade adalah kegiatan pertama kali yang diadakan di Indonesia, terutama di Kota Depok. Untuk itu, dia meyakini kegiatan ini bakal menarik perhatian masyarakat.

"Kegiatan ini menjadi perhatian dari para pegiat Jember Festival, bahkan membuat Vicky, pemenang lomba kostum Karnaval Jember Festival 2015, turun langsung dan mengasistensi kegiatan ini," ujar Chico.

Rekayasa Lalu Lintas

Sementara itu, Wakapolresta Depok Ajun Komisaris Besar Candra Sukma Kumara membenarkan adanya kegiatan yang bertemakan Depok Night Parade. "Penyelenggara acara sudah mengajukan izin kemarin," ucap Candra.

Candra menambahkan, pihaknya akan menerjunkan 300 personel untuk mengamankan kegiatan yang rencananya digelar tiga hari.

"Kami coba lihat antusias masyarakat di hari pertama. Kalau nanti pengunjung ribuan, maka tak menutup kemungkinan personel akan ditambah," ujar Candra.

Terkait dengan antisipasi kemacetan, ujar Candra, selama acara berlangsung pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas. Namun, apabila massa membeludak, jalan akan ditutup. Bagi pengendara yang melewati jalan tersebut akan dialihkan ke jalur-jalur alternatif.

"Kami siapkan rutenya nanti seperti apa. Harus ada pertimbangan matang. Sebab, jangan sampe yang tadinya menghibur malah bikin susah," Candra memungkasi.

Berikut rangkaian kegiatan Depok Night Parade:
16 Desember 2016
Pukul 08.00 – 17.00 WIB (Kantor DPRD Depok)
- Seminar Tumbuh Kembang Anak
- Sunatan Massal
- Aksi Donor Darah
- Venue: Lomba Marching Band

17 Desember 2016,
Pukul 17.00 – 21.00 WIB
Titik awal dari kantor DPRD Depok, dan akan berakhir di Ruko Sektor Verbena Grand Depok City
Parade Budaya
Parade Kendaraan Hias
Parade kreativitas kostum
Opera Depok

18 Desember 2016
Venue
Lomba Marawis
Lomba Senam Maumere

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.