Sukses

Ini Penyebab Bus Transjakarta Terbakar di Cawang Jaktim

Bus gandeng Transjakarta dengan nomor bus TJ 0054 terbakar di Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah bus gandeng Transjakarta dengan nomor bus TJ 0054 terbakar di Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Kamis 1 Desember 2016. Diketahui Sumber api berasal dari dashboard.

"Dari hasil pengecekan diketahui bahwa terindikasi wiring di bagian depan (dashboard) tidak sempurna, satu sambungan kabel korslet," ujar Direktur Transjakarta, Budi Kaliwono, di kantor Balai Kota Jakarta, Rabu 14 Desember 2016.

Menurut Budi, ada dua sumber terindentifikasi, yaitu arus pendek dari fog lamp dan sistem pemanas yang tidak umum untuk jenis bus Indonesia. "Jadi dari lampu kabut (fog lamp) ada arus pendek dan bus Ankai ini ada pemanas yang tidak umum untuk bus di negara kita" ucap Budi.

Setelah kejadian tersebut, pihak Transjakarta langsung memberhentikan seluruh armada Transjakarta sejenis. Merek Ankai 30 unit dan single bus merek yang sama sejumlah 36 unit, segera dilakukan pengecekan

"Total ada 66 bus sekaligus kami lakukan pengecekan. Kami tahu bus ini rutin dipakai setiap hari. Bus-bus ini telah dicek (kondisi) sehat," ujar Budi. (Seysha Desnikia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.