Sukses

Cabang Olahraga Penghasil Atlet Terkaya

Liputan6.com, Jakarta - Siapa atlet terkaya di Indonesia saat ini? Baru-baru ini, laman toprichest.com mengeluarkan data atlet Indonesia terkaya untuk tahun ini. Sejumlah atlet dan mantan atlet masuk dalam daftar ini.

Chris John menempati urutan pertama. Mantan petinju ini punya total kekayaan senilai US$ 15 juta atau sekitar Rp 200 miliar. Lelaki bernama lengkap Yohannes Christian John ini menggenggam rekor bertarung 48 kali menang (22 di antaranya dengan KO), tiga kali seri, dan sekali kalah.

Pada 2003, Chris menjadi juara dunia tinju kelas bulu pertama yang berasal dari Indonesia. Ia kemudian pensiun dari ring tinju pada 2013. Faktor penurunan stamina menjadi alasan utama dirinya gantung sarung tinju. 

Posisi kedua ditempati Taufik Hidayat. Pensiunan atlet bulu tangkis ini punya kekayaan senilai US$ 11 juta sekitar Rp 146,6 miliar. Taufik merupakan mantan juara dunia dan Olimpiade, juga enam kali juara Indonesia Open Championship

Taufik sempat menempati peringkat nomor 1 dunia di cabang bulu tangkis internasional pada 2000. Ia juga sempat menggondol medali emas di Olimpiade 2004, dua kali memenangkan medali emas di Asian Games, dan memenangkan kompetisi kejuaraan dunia IBF.

Tak hanya itu, Taufik juga membentuk sebuah pusat pelatihan untuk bulu tangkis "Taufik Hidayat Arena" di Jakarta. 

Setelah Chris John dan Taufik Hidayat, ada Muhammad Rachman yang menempati posisi ketiga. Rachman dikenal sebagai petinju berjuluk The Rock Breaker. Julukan itu didapatnya setelah mengalahkan Rubillar, petinju asal Filipina, dalam kejuaraan IBF yang dihelat pada 2003.

Selama menjadi petinju, Rachman mengantongi 65 kali kemenangan dari total 82 pertandingan, termasuk Strawweight IBF World Championship, dengan mengalahkan Daniel Reyes pada September 2004. Harta kekayaannya ditaksir bernilai US$ 10,5 juta atau sekitar Rp 140 miliar. 

Selain top 3 di atas, ada lima pebulu tangkis lain yang masuk dalam daftar 10 atlet terkaya. Dari cabang olahraga selain tinju dan bulu tangkis, hanya ada satu pemain sepak bola Indonesia yang sukses mencatatkan namanya di peringkat ke-6, yakni Bambang Pamungkas.

Mantan pemain tim nasional Indonesia yang juga bermain di klub Persija ini sudah menjalani lebih dari 85 kali pertandingan internasional, dengan mencetak 37 gol dalam karir profesional untuk tim nasional. Bambang juga merupakan pencetak gol terbanyak pada Piala AFF 2002. 

Melihat daftar tersebut, atlet yang berasal dari cabang olahraga bulu tangkis mendominasi dengan jumlah 6 atlet. Selanjutnya dari cabang tinju menyumbang 3 atlet, terakhir sepak bola menghasilkan seorang atlet.

Namun jika dilihat dari akumulasi kekayaan, tinju menjadi cabang olahraga penghasil olahragawan terkaya di Indonesia. Total kekayaan dari tiga petinju ini mencapai Rp 460 miliar. Mereka lebih unggul dibandingkan akumulasi kekayaan enam atlet bulu tangkis yang bernilai sekitar Rp 323,5 miliar. 

Artikel Selanjutnya
Kepulangan Atlet SEA Games Balap Sepeda Jadi Ajang Berebut Selfie
Artikel Selanjutnya
Mimpi 55 Medali Emas SEA Games Kandas