Sukses

Transjakarta Luncurkan 100 Bus Terintegrasi Awal 2017

Merek bus seperti Hino dan Mitsubishi menjadi pilihan karena dinilai memenuhi kriteria kenyamanan dan keamanan.

Liputan6.com, Jakarta - Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) menjadi terobosan mendukung layanan transportasi umum di Jakarta. Direktur Utama (Dirut) Transjakarta Budi Kaliwono menyatakan, ada 100 armada baru di awal tahun yang siap diluncurkan.

"Kita coba dulu 100 unit pertama, Januari-Maret," kata Budi di Kantor Balai Kota Jakarta, Rabu (14/12/2016).

Budi menuturkan, peluncuran BKTB ini dinilai tidak sembarangan. Tiap armada siap bersaing dalam kualitas setimpal.

"Bus ini siap dibandingkan dengan kualitasnya, melihat ukuran dan kenyamanannya dengan harga (sedikit) lebih mahal, tapi pentingkan kualitas," papar Budi menjelaskan.

Merek bus seperti Hino dan Mitsubishi menjadi pilihan karena dinilai memenuhi kriteria kenyamanan dan keamanan. Ke depan, Transjakarta menargetkan 300 unit armada bus sejenis, melihat antusiasme masyarakat terhadap transportasi umum ini (BKTB).

"Pengadaan bus ini dari teman-teman pengusaha. Tapi bus masih memiliki kendala yaitu di down payment (DP). Mereka keberatan dengan angka Rp 100 juta-Rp 150 juta. Dengan harga keseluruhan satu bus mencapai Rp 700 juta," kata Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta

  • BKTB

Video Terkini