Sukses

VIDEO: Semarak Perayaan Maulid Nabi di Berbagai Daerah

Sejumlah warga memanggul patung bebek, komoditas utama desa Sukamarto yang diakui terbaik di Temanggung.

Liputan6.com, Mojokerto - - Peringatan kelahiran Nabi Muhammad atau dikenal dengan Maulid Nabi oleh umat Islam diperingati secara besar besaran di berbagai daerah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (12/12/2016), arak-arakan onde-onde raksasa dan tumpeng onde-onde disambut meriah ribuan warga di Mojokerto, Jawa Tengah. Arak-arakan sepanjang 500 meter ini digelar di kawasan lapangan Raden Wijaya Surodinawan.

Warga juga membawa berbagai jenis makanan dalam arak-arakan. Di puncak acara, ribuan warga langsung menyerbu tumpeng onde-onde raksasa dan makan bersama.

Sementara itu, di Temanggung, ratusan warga mengirab tumpeng dan gunungan hasil bumi sejauh 3 kilometer menuju makam Syekh Sayid Abdurrahman. Selain itu, arak-arakan festival religi 1000 bebek juga digelar warga desa Sukomarto, Kecamatan Jumo dalam perayaan Maulid Nabi Muhammad.

Sejumlah warga memanggul patung bebek, komoditas utama desa Sukamarto yang diakui terbaik di Temanggung. Selain berebut gunungan, warga juga mendapatkan 1 ekor bebek.

Di Solo, Jawa Tengah, puncak gerebeg sekaten atau gerebeg Maulid Nabi digelar di halaman Masjid Agung Solo, ribuan warga mulai dari anak-anak, tua dan muda berdesakan untuk berebut gunungan. Gunungan belum selesai didoakan, seketika ribuan warga yang sudah tak sabar langsung menyerbunya. Dalam sekejab, 2 gunungan ludes diperebutkan.

Saksikan video selengkapnya di tautan ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.