Sukses

VIDEO: Densus 88 Geledah Rumah Terduga Teroris di Karanganyar

Abu Izzah adalah anggota jaringan teroris yang ditangkap di Bekasi, Jawa Barat.

Liputan6.com, Karanganyar - Tim Densus 88 dibantu anggota Polres Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu siang tadi menggeledah rumah terduga teroris, SY alias Abu Izzah dan orangtuanya.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (11/12/2016), Abu Izzah sendiri sudah ditangkap pada Sabtu sore kemarin. Sejumlah barang bukti di antaranya senapan angin, buku-buku dan cairan dalam jeriken dibawa petugas. Peran Abu Izzah membantu merakit bom yang akan diledakkan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Selain Abu Izzah, ada tiga anggota jaringan teroris lainnya yang ditangkap pengantin atau pelaku bom bunuh diri Dian Yulia Novi, Nur Solihin dan Agus Supriyadi. Sedangkan dua lainnya masih buron.

Sebelum ditangkap tim Densus 88, Dian bersama dua temannya berangkat dari Solo menuju Jakarta. Mereka sempat pergi ke kantor pos untuk mengirimkan paket berisi pakaian dan surat wasiat untuk kedua orangtuanya.

Menurut Kabag Mitra Ropenmas Divhumas Mabes Polri, Kombes Awi Setiyono, mereka anggota jemaah Ansharut Khilafah Daulah Nusantara yang berafiliasi pada ISIS. Mereka kerap berkomunikasi dengan angggota ISIS di Suriah, Bahrun Naim.

Dian ditangkap di kontrakannya tidak lama setelah ke kantor pos. Sementara dua rekannya Nur Solihin dan Agus Supriadi ditangkap di bawah flyover Kalimalang. Mereka akan dijerat Undang-Undang tentang Pemberantasan Terorisme dengan ancaman hukuman seumur hidup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.