Sukses

Warga Manfaatkan Puing Reruntuhan Akibat Gempa Aceh

Di antara barang yang dicari oleh warga ada berupa besi, plastik, aluminium dan barang-barang lain yang bisa dijual.

 

Liputan6.com, Jakarta - Warga yang bermukim di sekitar lokasi gempa Aceh mengais rejeki dari reruntuhan material bangunan akibat gempa berkekuatan 6,5 skala Richter di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

Di Desa Meunasah Lhok, Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya, misalnya, belasan warga mulai dari anak-anak hingga dewasa mengais sisa reruntuhan yang dibuang ke lokasi di desa mereka.

Mereka mengambil material berupa batu bata dan pecahan semen tersebut dengan menggunakan alat seperti pacul dan juga ada yang menggunakan kayu serta tangan untuk mencari sesuatu yang diangap berharga.

Nurdin, yang tanahnya digunakan untuk membuang material reruntuhan gempa tersebut mengatakan, setiap hari ada warga yang datang, mulai dari anak-anak hingga orang tua untuk mencari sisa-sisa barang yang masih bisa dimanfaatkan untuk dijual atau digunakan.

Di antara barang yang dicari oleh warga ada berupa besi, plastik, aluminium dan barang-barang lain yang bisa dijual. Bahkan ada juga yang mencari barang yang masih dimanfaatkan.

"Dalam sehari, warga yang mencari barang sisa dari reruntuhan gempa, mampu mendapatkan uang sekitar Rp 300 ribu ataupun lebih tergantung dari jumlah barang yang didapat," ungkap Nurdin seperti dikutip Antara, Minggu (11/12/2016).

Dia pun tidak mempersoalkan warga yang mencari barang reruntuhan gempa Aceh di tanah miliknya. Bagi Nurdin, masing-masing orang punya rezeki dan mempersilakan warga untuk mengais dari sisa reruntuhan gempa yang dibuang di lokasi tanahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini