Sukses

Pendaftaran Calon Komisioner Komnas HAM Dibuka Hari Ini

Jimly menyebut, siapapun warga Indonesia sudah bisa melihat persyaratan untuk mengajukan diri sebagai komisioner Komnas HAM.

Liputan6.com, Jakarta - Masa bakti komisioner Komnas HAM saat ini tinggal setahun lagi. Karena itu, pendaftaran untuk calon komisioner Komnas HAM periode 2017-2022 sudah dibuka pada mulai hari Sabtu ini.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Komisioner Komnas HAM Jimly Asshidqie mengatakan, komisioner Komnas HAM akan berakhir masa baktinya pada November 2017. Presiden sudah membentuk panitia seleksi berjumlah 7 orang yang terdiri atas beberapa tokoh.

"Saya perlu sampaikan juga Komnas HAM periode sekarang akan berakhir pada November 2017 karena itu sudah dibentuk pansel. Saya diminta menjadi ketua bersama dengan 6 tokoh-tokoh lainnya," kata Jimly di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat 9 Desember 2016.

Jimly menyebut, siapapun warga negara Indonesia sudah bisa melihat persyaratan untuk mengajukan diri sebagai komisioner Komnas HAM mulai Sabtu, 10 Desember 2016. Warga bisa melihat sendiri melalui website resmi Komnas HAM.

"Kita akan bekerja mulai besok, kita bisa dilihat pengumumannya di website, launching malam ini dan pendaftaran kita buka sesudah pukul 00.00 WIB," lanjut dia.

Jimly mempersilakan siapapun warga Indonesia yang merasa berkompeten dan mampu melaksanakan tugas sebagai Komisioner Komnas HAM untuk ikut berpartisipasi dan mendaftarkan diri. Nantinya, pansel akan melakukan serangkaian seleksi hingga terpilih komisioner yang baru.

"Siapa saja yang berminat dan ataupun tokoh-tokoh yang kita anggap tepat kita bisa usulkan untuk menjadi calon komisioner Komnas HAM periode 2017-2022 dan pendaftaran kita buka mulai tanggal 22 Desember sampai dengan 22 Februari. Mudah-mudahan ada kesinambungan menjaga, mempromosikan hak asasi manusia di negara kita," ujar Jimly

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.