Sukses

BMKG: Total 66 Gempa Susulan di Aceh, Warga Jangan Cemas

Pada Rabu 7 Desember ada 45 gempa. Kamis 8 Desember 14 gempa, dan Jumat sore ada 7 gempa.

Liputan6.com, Jakarta Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membenarkan telah terjadi gempa susulan di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, gempa tersebut mencapai 5,0-5,1 Skala Ritcher. Namun, menurut dia, analisis update stabil di kekuatan 4,9 Skala Ritcher.

Adapun, lanjut dia, total gempa susulan sejak Rabu 7 Desember hingga Jumat (9/12/2016) sore sebanyak 66 kali.

"Sudah terjadi 66 kali gempa susulan. Rabu 7 Desember ada 45 gempa. Kamis 8 Desember 14 gempa, dan Jumat sore ada 7 gempa," ucap Daryono saat dikonfirmasi, Jumat (9/12/2016), di Jakarta.

Meski demikian, dia mengatakan, masyarakat tak perlu cemas dengan hal itu. "Masyarakat tidak perlu takut gempa susulan, ini secara alamiah memang harus terjadi, karena merupakan proses penyempurnaan release atau pelepasan energi tegangan batuan pasca deformasi batuan saat gempa utama," jelas Daryono.

Dia juga meminta agar masyarakat tidak mendengarkan isu-isu yang bukan dari instansi terkait, terutama soal gempa.

"Masyarakat diimbau agar tenang tidak terpancing isu gempa dari sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi dari sumber yang berwenang dalam hal ini BMKG atau Badan Penanggulangan Bencana Aceh," pungkas Daryono.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Aceh

Video Terkini