Sukses

Ada Data Ganda, Jumlah Korban Meninggal Gempa Aceh Jadi 100 Orang

Sebelumnya, BNPB merilis jumlah korban meninggal gempa Aceh sebanyak 102 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengklarifikasi jumlah korban meninggal gempa Aceh. Jumlah korban meninggal gempa Aceh berkurang menjadi 100 orang.

Sebelumnya, BNPB merilis jumlah korban meninggal gempa Aceh sebanyak 102 orang.

"Sebelumnya dilaporkan 102 orang meninggal. Namun setelah dilakukan verifikasi dalam rapat koordinasi, ternyata ada pelaporan korban dengan 2 nama berbeda pada seseorang korban sehingga terdata dua kali. Dengan demikian total korban meninggal adalah 100 jiwa," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam pesan tertulisnya, Jakarta, Jumat (9/12/2016).

Menurut dia, adanya kesalahan dalam pendataan ini sangat wajar. Ini mengingat kondisi saat darurat bencana dan belum terbangun posko, sehingga seringkali data datang dari berbagai sumber.

Dia menuturkan Pos Komando Utama yang berlokasi di Pidie Jaya menyebutkan total korban jiwa meninggal dunia adalah 100 orang dan sudah berhasil diidentifikasi 92 orang yaitu di Pidie Jaya 88 jiwa, Bireuen 2, dan Pidie 2. Sedangkan korban luka gempa Aceh berjumlah 589 jiwa, dengan rincian luka berat 127 jiwa dan luka ringan 462.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.