Sukses

Jokowi Putuskan Bangun Kembali Masjid Roboh Akibat Gempa Aceh

Sisa bangunan masjid kini menjadi lokasi pengungsian warga Pidie Jaya yang menjadi korban gempa.

Liputan6.com, Pidie Jaya - Presiden Jokowi meninjau beberapa lokasi terdampak gempa di Kabupaten Pidie Jaya. Salah satu yang menjadi perhatian Jokowi adalah Masjid At Taqarrub yang mengalami kerusakan akibat guncangan gempa Aceh yang cukup kuat.

Masjid yang berada di Desa Keude, Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya ini roboh pasca gempa. Sisa bangunan masjid kini menjadi lokasi pengungsian warga Pidie Jaya.

Jokowi sempat melihat beberapa sudut bangunan dan menjenguk para pengungsi, dirinya memerintahkan untuk segera dibangun kembali.

"Saya sudah melihat keadaan masjid At-Taqarrub ini dan saya sudah putuskan masjid langsung akan dibangun kembali. Tapi kita kerjakan sama-sama ya," ujar Jokowi di lokasi, Jumat (9/12/2016).

Jokowi memerintahkan untuk segera melakukan pembersihan bangunan masjid. Pembersihan lebih dulu dilakukan sebelum nantinya masjid dibangun kembali.

"Mulai besok Insya Allah akan segera dibersihkan, akan segera dibangun kembali," imbuh Jokowi.

Setibanya di masjid, Jokowi sempat disambut dengan nyanyian dari anak-anak korban gempa Aceh yang mengungsi di Masjid itu. Anak-anak meneriakan 'Presiden Jokowi siapa yang punya'. Yel itu dipimpin oleh Pemerhati anak Seto Mulyadi alias Kak Seto.

"Saya titip anak-anak tetap terus semangat belajar. Tetap terus semangat bernyanyi. Tetap terus gembira," ujar Jokowi saat berbincang dengan Kak Seto.

Dalam kunjungan itu, Jokowi juga memberi santunan kepada ahli waris untuk korban meninggal dunia korban gempa Aceh.

Turut mendampingi Presiden Joko Widodo antara lain Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Kepala BNPB Willem Rampangilei, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Plt Gubernur Aceh Soedarmo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Aceh