Sukses

Plt Gubernur: 8.000 Korban Gempa Aceh di Pidie Jaya Tertangani

Para korban gempa Aceh di Pidie Jaya itu tersebar pada enam kecamatan.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh Soedarmo menyatakan, sekitar 8.000 korban gempa Aceh yang menguncang Kabupaten Pidie Jaya sudah tertangani secara baik.

Menurut dia, di Kabupaten Pidie Jaya, pada Kamis 8 Desember 2016, semua korban gempa Aceh yang luka berat dan ringan sudah dievakuasi dan tertangani secara baik oleh para tim relawan. Para korban musibah gempa sudah terdata semua dan nanti akan mendapat bantuan per paket.

Ada pun jumlah korban gempa yang sudah berhasil didata saat ini, korban meninggal 103 orang, lalu korban luka berat dan ringan 8.000-an. Demikian dikutip dari Antara, Jumat (9/12/2016).

Para korban itu, tersebar pada enam kecamatan meliputi, Pante Raja, Bandar Dua, Tringgadeng, Meureudu, Bandar Baru, dan Alee Glee.

Gempa bumi berkekuatan 6,5 skala Richter (SR) menggoyang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh pada pukul 05.03 WIB. Gempa Aceh tersebut terjadi di kedalaman 15 kilometer dan merobohkan ratusan bangunan.

Berdasarkan posisi dan kedalamannya, gempa Aceh ini disebabkan oleh aktivitas sesar lokal Samalanga - Sipopok. Hasil analisis mekanisme sumber memperlihatkan gempa ini dibangkitkan oleh aktivitas sesar menda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Aceh

Video Terkini