Sukses

BNPB: Korban Meninggal Gempa Aceh Bertambah Jadi 102 Orang

Selain itu, ada ratusan korban luka berat dan ringan yang masih mendapatkan perawatan usai gempa Aceh.

Liputan6.com, Jakarta - Korban meninggal akibat gempa Aceh berkekuatan 6,5 skala Richter (SR) di Kabupaten Pidie Jaya terus bertambah. Dari data yang diperoleh tim SAR gabungan, jumlah korban meninggal sudah mencapai 102 orang. Selain itu, ada 700-an korban luka berat dan ringan yang masih mendapatkan perawatan.

"Saat ini jumlah korban memang terus bertambah karena tim SAR gabungan masih menemukan korban. Sampai saat ini sesuai data dari BPBD Aceh, ada 102 orang meninggal dunia. Satu orang hilang kemudian 136 luka berat dan 616 luka ringan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Dia melanjutkan, 3.267 pengungsi tersebar di beberapa tempat. Mereka ditampung di 13 titik lokasi pengungsian. Ada 11 lokasi pengungsian di Pidie dan dua di Bireun, Aceh. Keadaan para pengungsi gempa Aceh pun beragam. Mulai karena rumah yang rusak berat atau lokasinya terdampak.

"Ada 13 titik pengungsian. Kerusakan fisik meliputi 124 ruko rusak berat atau roboh. Terus 110 ruko rusak ringan, 429 rumah rusak di mana 34 rumah rusak berat atu berat atau roboh," ucap Sutopo.

Terakhir dia memastikan, Tim SAR gabungan sejak Kamis pagi masih mencari korban yang diperkirakan terjebak di reruntuhan puing-puing gempa Aceh.

"Masih terus ini, alat berat juga ditambah," tutup Sutopo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.