Sukses

Survei KPI: Berita Liputan 6 Pagi SCTV Paling Disukai Pemirsa

Siaran berita Liputan6 Pagi SCTV menjadi salah satu siaran yang paling disukai masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Siaran berita Liputan 6 Pagi SCTV menjadi salah satu siaran yang paling disukai masyarakat. Hal tersebut berdasarkan hasil Survei Indeks Kualitas Program Siaran Televisi periode ke-4 yang dilakukan KPI bekerjasama dengan Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI).

Pada periode 4 ini, hasil penilaian panel ahli dan responden untuk program berita tidak jauh berbeda dengan periode sebelumnya. Program NET 16 (NET TV), Liputan 6 Pagi (SCTV) dan CNN Indonesia (Trans TV) dengan indeks kualitas tertinggi.

"Berdasarkan survei kualitatif kepada pemirsa yang ada di 12 kota, mereka paling menyukai berita dari Liputan 6 SCTV," jelas Ketua KPI  Yuliandre Darwis kepada Liputan6.com, Kamis (8/12/2016).

Dari hasil survei tersebut, Yuliandre meyakini bahwa masyarakat sudah bisa memilih program-program yang dianggapnya baik untuk ditonton. Karena itu, stasiun televisi diharapkan meningkatan kualitas dari siaran sehingga bisa lebih memberikan manfaat kepada masyarakat.

Ia mengungkap, terdapat tiga faktor yang mempengaruhi kehadiran program siaran berkualitas di tengah masyarakat, yakni faktor regulasi, produksi dan konsumsi. Regulasi yang tepat dalam pengelolaan penyiaran, harus didukung dengan kesadaran yang benar akan produksi program siaran yang baik.

Survei Indeks Kualitas Program Siaran Televisi ini dilakukan di 12 perguruan tinggi di 12 provinsi. Adapun perguruan tinggi tersebut adalah, Universitas Sumatera Utara (Medan), Universitas Andalas (Padang), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (Jakarta), Universitas Padjadjaran (Bandung) dan  Universitas Airlangga (Surabaya).

Selain itu juga Universitas Diponegoro (Semarang), Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (Yogyakarta), Universitas Udayana (Denpasar), Universitas Tanjung Pura (Pontianak), Universitas Lambung Mangkurat (Banjarmasin), Universitas Hasanuddin (Makassar), dan Universitas Kristen Indonesia Maluku (Ambon).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini