Sukses

JK: Pelayanan Publik Lebih Cepat, Korupsi Akan Hilang

JK mengatakan, standar pelayanan itu minimal memenuhi 3 unsur, yakni kecepatan waktu, kualitas pelayanan, dan biaya.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla berbagi tips menjadi pelayan masyarakat yang baik sebagai pegawai negeri sipil. Pelayanan ini bahkan bisa menghilangkan korupsi dengan sendirinya.

Pria yang kerap disapa JK itu menjelaskan, standar pelayanan itu minimal memenuhi 3 unsur, yakni kecepatan waktu, kualitas pelayanan, dan biaya. Hal ini disampaikan saat memberi penghargaan kepada 65 kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah dengan pelayanan terbaik.

"Tentu banyak lagi lebih cepat lebih baik dan lebih murah. Lebih cepat lebih baik lah gitu," kata Jusuf Kalla di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu 7 Desember 2016.

Penghargaan yang diterima, lanjut JK, harus bisa membuktikan adanya perubahan kecepatan, kualitas, dan efisiensi biaya yang harus ditanggung masyarakat.

"Dan apabila kita jalankan seperti itu secara otomatis korupsi juga berkurang di situlah letak permainannya. Karena kalau seorang seperti pungli-pungli itu kenapa orang membayar, kenapa masyarakat membayar, kenapa pengusaha membayar, karena membeli waktu," ungkap JK.

Pelayanan yang lambat memicu orang rela mengeluarkan biaya lebih agar mendapat pelayanan lebih cepat dari waktu normal. Hal inilah yang membuka peluang pungli dan korupsi.

"Jadi kalau kita ingin negeri ini cepat bersih ya percepatlah layanan itu. Sehingga tidak perlu ada ekstra untuk mempercepat itu. Jangan istilahnya orang, kalau bisa diperlambat kenapa dipercepat. Yang penting kalau bisa dipercepat ya tak usah diperlambat," pungkas JK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini