Sukses

Longsor Menerjang Bandung dan Magetan

Cuaca buruk disertai hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah mengakibatkan bencana banjir disertai longsor.

Liputan6.com, Garut: Di Garut, Jawa Barat, puluhan rumah di Desa Ganda Mekar, Kecamatan Kadungora, terendam banjir akibat cuaca buruk disertai hujan deras yang melanda daerah tersebut, Rabu (10/3). Selain merendam rumah warga, banjir juga menimbulkan longsor yang menimbun beberapa rumah.

Longsor juga terjadi di ruas jalan Bandung ke arah Garut, sehingga arus lalu lintas sempat macet. Sedikitnya empat RW di dua kampung di wilayah tersebut terendam banjir dengan ketinggian air mencapai lutut orang dewasa. Banjir bahkan meluap ke jalan-jalan di perkampungan.

Material longsor yang memenuhi badan jalan juga membuat polisi terpaksa memberlakukan sistem buka tutup untuk mengatur arus kendaraan dari arah Bandung maupun sebaliknya.

Longsor juga menyebabkan beberapa rumah di Kampung Kaledong rusak berat tertimpa longsoran tanah. Sedangkan di kampung Cihuni Girang, dinding dua ruang sekolah madrasah jebol tergerus luapan air.

Sementara di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, akibat meluapnya Sungai Gandong, puluhan rumah warga dilanda banjir. Sejumlah rumah juga ambruk diterjang tanah longsor. Warga yang tinggal di Kecamatan Ngariboyo dan Kecamatan Kota sempat terkejut dengan banjir yang datang secara tiba-tiba. Sebab, di wilayah ini tidak pernah diterjang banjir sejak 1965.

Pusat vulkanologi dan mitigasi bencana memperdiksi adanya sejumlah pergerakan tanah yang dipicu longsor di beberapa wilayah di Pulau Jawa.(IDS/ADO)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.