Sukses

Tinjau Gempa Aceh, Kepala Staf Presiden Fokus Siapkan Ini

Situasi bencana gempa Aceh masih dalam tahap tanggap darurat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan Kepala Kantor Staf Presiden Teten Masduki terbang ke Aceh, untuk melihat dampak gempa Aceh tadi pagi. Beberapa hal akan menjadi fokus penanganan semasa tanggap darurat ini.

Teten menjelaskan, gempa 6,5 SR ini melanda 3 kabupaten. Setibanya di Aceh, dia akan langsung berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk menginventarisir segala hal yang dibutuhkan saat ini.

"Kira-kira kebutuhan apa pada tanggap darurat ini yang perlu segera dilakukan terutama adalah mengidentifikasi korban lalu kerusakan fisik. Kedua hal itu yang utama," jelas Teten di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Rapat nantinya akan dilakukan dengan Plt Gubernur Aceh dan para bupati setempat, sehingga benar-benar diketahui kebutuhan apa saja yang harus segera disiapkan menyikapi gempa Aceh.

"Kita untuk mengetahui kebutuhan logistik lainnya, seperti obat-obatan, kesiapan rumah sakit , termasuk juga kebutuhan pangan, makanan, pakaian, bila diperlukan," imbuh Teten.

Sejauh ini, situasi bencana gempa Aceh masih dalam tahap tanggap darurat. Biasanya, dalam masa tanggap darurat ini segala logistik dan lokasi evakuasi menjadi prioritas.

"Dalam tanggap darurat penangangan korban dan keluarga, rumah sakit, pengurusan jenazah kalau ada korban, pengungsian bagi rumah yang rusak," pungkas Teten.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Aceh