Sukses

TNI AL Sediakan Kapal Perang untuk Bantu Korban Gempa Aceh

TNI terus memantau secara intensif perkembangan yang terjadi terkait gempa Aceh.

Liputan6.com, Jakarta - TNI AL menyiapkan satu kapal perang untuk menyalurkan bantuan pada korban gempa Aceh. Mereka menyiagakan kapal perang di Pangkalan Utama TNI AL I/Belawan di Sumatera Utara yang wilayah operasinya juga meliputi seluruh Provinsi Aceh.

"Pada prinsipnya kami siap dan mengikuti langkah penanggulangan oleh pemerintah. Kami terus memantau secara intensif segenap perkembangan yang terjadi di Aceh. Perintah dikeluarkan, kami langsung bergerak," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksamana Pertama TNI Gig Sipasulta, seperti dikutip dari Antara, Rabu (7/12/2016).

Pada pukul 05.03 WIB pagi tadi terjadi gempa Aceh berkekuatan 6,5 Skala Richter dengan episentrum di koordinat 5.19’ Lintang Utara dan 96.36’ Bujur Timur, atau sekitar 18 kilometer arah timur laut Kabupaten Pidie Jaya, atau 106 kilometer arah tenggara Banda Aceh, Provinsi Aceh.

Menurut keterangan resmi Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Mochammad Riyadi, gempa itu dikarenakan aktivitas geologis di kulit Bumi pada kedalaman 15 kilometer dari permukaan laut.

Sejak pukul 05.03 WIB itu, terjadi lima kali gempa susulan yang kekuatannya makin melemah. Kerusakan bangunan-bangunan dan fasilitas umum terjadi di beberapa lokasi akibat gempa Aceh, di antaranya Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Aceh

  • Gempa Aceh