Sukses

Jokowi: Mudah-mudahan Tidak Ada Korban Gempa Aceh

Jokowi memerintahkan seluruh aparat bergerak menangani gempa Aceh.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa berkekuatan 6,4 skala Richter (SR) mengguncang sejumlah kabupaten di provinsi Aceh Rabu (7/12/2016) pagi. Presiden Jokowi mengatakan hingga saat ini dirinya terus memantau perkembangan terkait gempa Aceh tersebut.

"Pagi-pagi saya sudah mendapatkan laporan. Saya perintahkan seluruh aparat bergerak," ujar Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Jokowi berharap gempa Aceh yang getarannya dirasakan di Kabupaten Pidie Jaya, Bireun, hingga ke Banda Aceh itu tidak memakan korban jiwa.

"Saat ini kita ikuti terus, mudah-mudahan tidak ada korban," ucap Jokowi.

Gempa berkekuatan 6,4 skala Richter (SR) menggoyang Kabupaten Pidie Jaya. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, gempa terjadi pagi tadi sekitar pukul 05.03 WIB.

Gempa Aceh berpusat di 5.19 Lintang Utara (LU) - 96.36 Bujur Timur (BT), 18 kilometer Kabupaten Pidie Jaya, dengan kedalaman 10 kilometer.

Sejumlah bangunan roboh akibat gempa. Beberapa bangunan roboh di antaranya yaitu satu SPBU, sejumlah fasilitas umum, dan gedung pertokoan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Aceh

Video Terkini