Sukses

Sisir Koban Gempa Aceh, Kemensos Kirim Taruna Siaga Bencana

Kementerian Sosial siang ini segera bertolak ke Aceh untuk menyisir korban gempa Aceh.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa 6,4 skala Richter mengguncang wilayah Aceh, Rabu dini hari tadi. Gempa tersebut diketahui berpusat di Kabupaten Pidie.

Meski dikatakan tidak berpotensi tsunami, Kementerian Sosial bergerak cepat dengang menerjunkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan membuka dapur umum lapangan (dumlap).

"Kami telah mengerahkan Tagana untuk menyisir dan mengevakuasi korban meninggal maupun luka. Dan untuk meringankan beban para korban gempa Aceh, (Kemensos) telah membuat pula dapur umum lapangan (dumlap)," kata Direktur Penanggulangan Bencana Kemensos, Adi Karyono dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Rabu (7/12/2016).

Selanjutnya, Kementerian Sosial siang ini segera bertolak ke Aceh. Kemensos akan mendata dan memberikan santunan korban meninggal dan korban luka.

"Nanti kita lihat data terakhir dulu, yang jelas Kementerian Sosial telah menyiapkan segala sesuatunya. Saat ini kita fokus pada upaya tanggap darurat, menyisir korban dan korban dan penanganannya," tukas Adi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Aceh

  • Aceh

Video Terkini