Sukses

Guncangan Gempa Aceh Dirasa Warga seperti Tahun 2004

Guncangan gempa Aceh di Pidie Jaya dirasa sangat hebat, sejumlah bangunan roboh dan rusak.

Liputan6.com, Bireun - Gempa berkekuatan 6,4 skala Richter (SR) tidak hanya dirasakan oleh warga di Kabupaten Pidie Jaya Aceh. Gempa tersebut juga dirasakan cukup kuat oleh warga di Kabupaten Bireun.

Hulaimi, warga Bireun, bahkan menggambarkan gempa yang terjadi mirip seperti gempa besar yang terjadi pada 26 Desember 2004 silam yang memicu tsunami.

"Guncangannya kuat sekali. Kami rasa itu lebih dari 6,4 SR, karena mirip seperti gempa 2004 lalu. Hanya saja, gempa saat ini waktunya lebih singkat," ujar Hulaimi saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (7/12/2016).

Hulaimi, yang berprofesi sebagai dokter itu mengatakan, saat kejadian, ia sedang berada di RSUD Dokter Fauziyah Bireun, tempat dia berpraktik. Ia pun menggambarkan situasi panik yang dialami oleh pegawai RS dan para pasien disana.

"Kaget dan panik sekali. Pasien di sini juga kaget sekali, tapi kami dan sejumlah tim medis berupaya menenangkan dan membantu pasien, khususnya yang rawat inap," kata Ami.

Dia dan sejumlah tim medis sempat mengevakuasi pasien dari sejumlah ruangan untuk menghindari gempa susulan.

"Di sini ada satu lantai, sempat ada yang dibawa keluar dari ruang IGD," Hulaimi menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini