Sukses

Kemenhub Antisipasi Macet Brexit Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Brexit menjadi titik kemacetan terparah saat arus mudik Idul Fitri kemarin.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya menyiapkan sejumlah langkah untuk mengatasi kemacetan di pintu keluar tol Brebes atau Brexit, jelang liburan Natal dan Tahun Baru 2017.

"Kita menetapkan waktu piket dari 18 Desember 2016 sampai 9 Januari 2017. Pintu tol persimpangan (Brexit) dan tempat mengundang kemacetan akan di-manage secara khusus," kata Budi Karya saat jumpa pers Rencana Operasi Angkutan Natal dan Tahun Baru di Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (7/12/2016).

Budi Karya menyatakan, fokus pihaknya adalah penyediaan bahan bakar minyak (BBM), pengaturan lalu lintas bersama kepolisian dan jasa marga, serta fasilitas umum lainnya.

Menhub Budi Karya memberikan keterangan tentang persiapan liburan Natal dan Tahun Baru (Muhammad Radityo Priyasmoro/Liputan6.com)

Penyediaan BBM dilakukan untuk antisipasi kelangkaan BBM seperti yang terjadi saat arus mudik Idul Fitri lalu.

"Akan ada solusi seperti penyediaan lewat tangki-tangki dan jerigen kecil di beberapa tempat," ujar Budi Karya.

Brexit menjadi titik kemacetan terparah saat arus mudik Idul Fitri kemarin. Kemacetan mengular hingga puluhan kilometer dan menyebabkan sejumlah kendaraan kehabisan bahan bakar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini