Sukses

Panglima TNI: Filipina Selatan Basis ISIS di Asia Tenggara

Ada beberapa faktor yang menyebabkan wilayah Filipina Selatan dijadikan basis ISIS.

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengungkapkan kelompok teroris ISIS mulai membangun basis kekuatannya di Asia Tenggara. Wilayah yang dijadikan basis ISIS itu berada di Filipina Selatan.

Hal ini diungkapkan Gatot ketika memberikan sambutannya dalam acara Seminar Nasional Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) tentang Antisipasi Perkembangan Ancaman Terorisme.

"Filipina Selatan sebagai basis ISIS di Asia Tenggara," kata Gatot di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (6/12/2016).

Pemerintah Filipina melalui Presiden Duterte, sambung dia, juga sudah mengakui wilayah selatan negaranya menjadi basis ISIS. Dia mengatakan ada beberapa faktor yang menyebabkan wilayah Filipina Selatan dijadikan basis ISIS. Satu di antaranya adalah masyarakat di wilayah tersebut mendukung berkembangnya gerakan radikal.

"Di Filipina Selatan bendera apapun bebas di sana, masyarakatnya juga sudah siap. Kita tahu beberapa waktu lalu ada peristiwa penyanderaan di sana. Dengan sandera-sandera di sana dan biaya tebusan membuat mereka berkembang," ucap Gatot.

Tujuan ISIS membangun basis di Filipina Selatan, Gatot membeberkan, tak lain bertujuan untuk mengincar Indonesia. Sebab Indonesia memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah.

"Mereka ingin ke Indonesia. Di sini mereka sudah memetakan, ada Poso, Tarakan, dan NTB yang sudah dikenal ada beberapa jaringan radikal," Gatot memungkas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini