Sukses


Ketua MPR dan Parlemen Iran Sepakat Bantu Palestina dan Rohingya

Liputan6.com, Jakarta - Iran dan Indonesia sepakat bekerja sama meningkatkan peran aktif untuk mempercepat kemerdekaan Palestina. Selain itu, keduanya juga akan mengupayakan perlindungan bagi komunitas muslim Rohingya di Myanmar.

Kesepakatan itu merupakan salah satu hasil pertemuan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan Ketua Parlemen Iran Ali Larijani di Kantor Parlemen Iran di Teheran, Senin 5 Desember 2016 waktu setempat.

"Isu Rohingya dan Palestina harus mendapat Perhatian khusus dari saudara saudaranya sesama muslim. Parlemen Indonesia dan Iran sepakat terlibat aktif upayakan kemerdekaan Palestina dan Perlindungan untuk Rohingya," jelas Zulkifli dalam keterangan tertulisnya.

Dia juga menyampaikan itikad baik Indonesia untuk terlibat aktif menciptakan perdamaian di Timur Tengah, yang sampai saat ini dilanda konflik berkepanjangan.

"Bersyukur itikad baik Indonesia disambut baik Parlemen Iran. Semoga dengan kerja sama Indonesia-Iran ini, Timur Tengah yang damai, aman, dan stabil bisa terwujud," ungkap Zulkifli.

Melalui pertemuan antar-Ketua Parlemen ini, Iran dan Indonesia juga sepakat untuk meningkatkan hubungan bilateral antar kedua negara di bidang ekonomi, politik, maupun sosial budaya.

"Iran dan Indonesia sama sama negara mayoritas muslim yang ekonominya sedang tumbuh. Ini momentum yang baik untuk tingkatkan kerjasama di bidang ekonomi, politik maupun budaya seperti pertukaran pelajar atau pemberian beasiswa bagi mahasiswa kedua negara," Zulkifli Hasan memungkas.

Saksikan Live Streaming Pembukaan Festival Prestasi Indonesia

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
DPR Terus Menjadi Lembaga Representasi Rakyat yang Modern
Artikel Selanjutnya
Jokowi: Indonesia Bela Palestina Proteksi Kompleks Al-Aqsa