Sukses

Korban Gempa Turki Bertambah Hingga 57 Orang

Gempa di Turki kembali menambah korban. Sebelumnya 51 orang dinyatakan tewas, namun kini bertambah hingga 57 orang.

Liputan6.com, Elazig: Gempa berkekuatan 6,0 SR yang melanda Turki Timur, atau tepatnya di Desa Basyrut, Propinsi Elazig, dan telah diikuti lebih dari 30 gempa susulan kembali menelan korban. Sebelumnya dilaporkan korban tewas mencapai 51 orang, namun kini telah naik hingga 57 orang.

Menurut pejabat setempat, korban tewas telah mencapai angka 57 orang, dan puluhan lainnya mengalami luka-luka. Dilaporkan masih banyak korban selamat yang berada dalam reruntuhan bangunan.

Tim penyelamat pun telah dikerahkan untuk mencari korban yang terperangkap di bawah reruntuhan. Sedikitnya 17 orang tewas di desa terbesar, Okcular, tempat 30 rumah roboh. "Desa ini benar-benar datar dengan tanah," ujar pejabat dari Okcular, Hasan Demirdag, kepada NTV, seperti dikutip BBC News, Senin (8/3).

Penduduk desa-desa yang terkena gempa saat ini telah diperingatkan untuk tidak kembali ke rumah-rumah yang rusak untuk sementara waktu karena gempa susulan terus terjadi.

Turki memang kerap dilanda gempa karena lokasinya di garis patahan Anatolia Utara. Sebelumnya gempa berkekuatan 7,4 SR pernah melanda kota barat Izmit, Agustus 1999. Lebih dari 17 ribu orang tewas. Menurut wartawan BBC di Istanbul, Jonathan Head, rendahnya kualitas bangunan juga memicu jumlah kematian yang tinggi dan masih ada kekhawatiran gempa akan terjadi di kota besar di Turki.(BBC/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini