Sukses

Din Syamsuddin: Kampanyekan Islam Toleran

Din menuturkan, dunia barat perlu mengenal dan mempelajari lebih jauh Islam Indonesia yang mampu berjalan beriringan dengan demokrasi.

Liputan6.com, London - Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin mengharapkan, komunitas Muslim Indonesia mengkampanyekan model Islam Indonesia berkemajuan, toleran dan damai di tengah masyarakat Inggris yang majemuk.

Hal itu disampaikan Din Syamsudin saat silaturahmi dengan Perwakilan Pengurus Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) United Kingdom bersama Dubes Indonesia untuk Kerajaan Inggris Rizal Sukma, Senin (5/12/2016) seperti dilansir dari Antara.

Dalam pertemuan dengan Komunitas Muhammadiyah, Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu berpesan agar model Islam Berkemajuan dapat mewarnai masyarakat Inggris.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat ini, Din mengapresiasi komunitas Indonesia dan juga Muhammadiyah yang menjadi duta bangsa di Inggris. Dia berpesan pada komunitas Muslim Indonesia agar mampu mengkampanyekan Islam yang toleran.

Din menuturkan, dunia barat perlu mengenal dan mempelajari lebih jauh Islam Indonesia yang terbukti mampu berjalan beriringan dengan demokrasi dan kemajemukan. "Umat Islam dan bangsa Indonesia menunggu kontribusi pelajar yang sedang melanjutkan studi di tanah Britania," kata Din.

Sementara itu, Ketua Bidang Ekonomi Pengurus Cabang Muhammadiyah di United Kingdom Aviandi Okta menjelaskan berbagai kegiatan yang dilakukan komunitas Muhammadiyah dan perkembangan terkini Islam di Inggris.

"Komunitas Muhammadiyah di Inggris selama ini secara aktif mengadakan berbagai kegiatan sebagai ajang silaturahim sesama anggota sekaligus turut mewarnai diskursus keislaman di Inggris," ujar kandidat doktor dari University of Reading ini.

Din juga memuji komunitas Muhammadiyah di Inggris selama ini aktif dalam memberikan gagasan terhadap persoalan di level nasional maupun global.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini