Sukses

Belajar dari Jatuhnya Pesawat Milik Polri, Menhub Akan Bangun FIR

Pesawat Polri yang hilang teridentifikasi pertama kali oleh pihak Singapura melalui Flight Information Region (FIR) negara tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat jenis Skytruck P 4201 milik Polri hilang kontak di perairan Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri). Pesawat tersebut teridentifikasi hilang kontak pertama kali oleh pihak Singapura melalui Flight Information Region (FIR) negara tersebut.

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya FHB Soelistyo sempat mengatakan, pesawat yang hilang kontak tersebut masuk ke dalam wilayah kedaulatan Indonesia, bukan Singapura.

Namun, lantaran urusan pencarian dan penyelamatan, Indonesia mengizinkan pesawat Singapura untuk menemukan pesawat yang hilang kontak tersebut.

Karena tak memiliki FIR di lokasi sekitaran jatuhnya pesawat, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku akan segera membangunnya demi keselamatan para penerbang.

"Kami akan membuat (FIR). Akan kami lakukan dengan tahapan-tahapan yang berlaku dengan suatu tahapan tertentu," ucap Budi usai meninjau Terminal Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, Minggu (4/12/2016).

Sementara itu, mengenai pencarian korban hilang, Budi Karya mengaku sudah mengirim bantuan. "Kami juga sudah mengirim kapal untuk membantu pencarian," kata Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini