Sukses

Usai Blusukan ke Mall, Jokowi Optimistis Ekonomi Terus Tumbuh

Jokowi mengatakan, saat ini harga komoditas mulai merangkak naik setelah lama turun.

Liputan6.com, Balikpapan - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyempatkan diri blusukan ke pusat perbelanjaan di Balikpapan. Jokowi ingin melihat langsung kegiatan ekonomi di lokasi itu.

Jokowi mengatakan, saat ini harga komoditas mulai merangkak naik setelah lama turun. Dengan kenaikan ini, dia ingin melihat langsung efeknya di masyarakat. Sebab, Balikpapan merupakan kota pusat komoditas seperti minyak dan batu bara.

"Kita tahu semuanya bahwa harga komoditas sekarang ini turun, tapi ini sudah mulai bergerak naik sedikit mulai baik yang berhubungan dengan batu bara, minyak juga sedikt naik," kata Jokowi di Balikpapan Super Blok (BSB), Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (3/12/2016).

"Sehingga saya ingin memastikan lihat ekonomi di Kalimantan Timur terutama di Balikpapan seperti apa," sambung dia.

Setelah blusukan, Jokowi dapat melihat sendiri keramaian dan antusiasme warga datang ke pusat-pusat ekonomi, seperti di BSB. Sehingga dia melihat optimisme bagi peningkatan ekonomi Indonesia ke depan.

"Kalau saya melihat tadi keramaian di pusat ekonomi, saya kira pergerakan ekonomi kelihatan. Ini bukan sebuah harapan, tapi optimisme yang ditunjukan oleh masyarakat, meskipun global ekonomi mengalami perlambatan tapi ekonomi kita mentalnya masih baik," terang dia.

Sementara, terkait dampak peningkatan harga komoditas, Jokowi tidak bisa menyimpulkan. Masyarakatlah yang paling merasakan langsung dampak positif dari pertumbuhan ekonomi.

"Tanyalah kepada masyarakat. Kalau kita ngomong secara riil bergerak lambat ya, tapi bahwa sekarang harga komoditas mulai naik, saya kira kenaikan itu ada," pungkas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.