Sukses

Selain Sosialisasi Tax Amnesty, Ini Kegiatan Jokowi di Balikpapan

Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Balikpapan, Kalimantan Timur.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Sejumlah agenda akan dihadiri di antaranya sosialisasi Tax Amnesty.

Jokowi bertolak dari Lanud Halim Perdanakusuma menuju Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur pukul 14.00 WIB. Menggunakan pesawat Kepresidenan, Jokowi tiba di Balikpapan sekira pukul 16.57 WITA.

Sejak dari Bandara menuju hotel tempat menginap, Jokowi disambut antusias warga Balikpapan. Mereka berdiri di sisi jalan untuk sekadar melambaikan tangan atau mengabadikan momen iring-iringan Presiden dengan ponsel mereka.

Jokowi baru mengikuti jumlah agenda pada Senin, 5 Desember 2016. Kegiatan diawali dengan meninjau proyek dana desa di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Jokowi bersama rombongan kemudian menuju Balikpapan Sport and Convention Center menyerahkan Sertifikat Tanah Program Strategis Tahun 2016. Setelah itu, Jokowi beranjak ke Lapangan Sepak Bola Bima Sakti Pangkalan TNI AU Balikpapan untuk meninjau Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Barulah pada sore hari, Jokowi menyosialisasikan amnesti pajak di Platinum Balikpapan Hotel and Convention Hall. Tax amensty memang memasuki periode II. Balikpapan merupakan kota ke-7 yang mendapat sosialisasi langsung dari Jokowi.

"Di provinsi yang dikenal akan sektor tambang dan mineral ini, Presiden akan berbicara di depan sekitar 2.500 pelaku industri di Kalimantan Timur dan Utara," kata Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Minggu (4/12/2016).

Berdasar data Kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimra), antusiasme warga di kedua provinsi ini cukup tinggi. Sedikitnya sudah 7.286 wajib pajak setempat yang mendeklarasikan asetnya guna memperoleh surat ampunan pajak. Adapun dana tebusan mencapai Rp 983 miliar.

"Selain Presiden Joko Widodo yang akan menyampaikan paparannya, acara tersebut juga akan diisi oleh paparan mengenai Undang-Undang Amnesti Pajak oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, paparan mengenai Repatriasi dan Investasi oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D. Hadad, dan paparan mengenai Peluang Investasi oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini M. Soemarno," jelas dia.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo saat tiba di Balikpapan antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

Selein itu juga Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, dan Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Ari Setiawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini