Sukses

5 Penyelam Cari Pesawat Polri yang Jatuh di Perairan Kepri

Basarnas juga menurunkan satu kapal dilengkapi dengan sistem pencarian bawah laut untuk mencari pesawat Polri yang jatuh.

Liputan6.com, Jakarta - Pencarian pesawat milik Polri jenis Skytruck P 4201 yang jatuh kembali dilanjutkan. Sebelumnya, Badan SAR Nasional (Basarnas) mengaku telah menemukan titik diduga jatuhnya pesawat di perairan Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri).

"Hari ini dilakukan pencarian di area seluas 200 titik. Kemudian pencarian itu dilakukan unsur laut, 15 kapal dan unsur udara. Akan kami operasikan," ucap Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI FHB Soelistyo saat konferensi pers di kantornya, kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (4/12/2016).

Sebanyak 15 kapal yang akan diturunkan merupakan lima kapal dari Basarnas, empat dari TNI AL, empat dari Polisi Perairan, satu dari (Kesatuan Penjagaan Laut dan Peraian) KPLP dan satu dari Bea Cukai.

"Lima belas kapal yang diturunkan kami rasa sudah cukup di luasan air itu," Soelistyo menjelaskan.

Selain 15 kapal tersebut, Basarnas juga menurunkan satu kapal yang dilengkapi sistem pencarian bawah laut. Basarnas juga akan menurunkan lima penyelam andal yang ditugaskan untuk memberikan konfirmasi jika melihat obyek yang dicari.

"Enam penyelam datang dari Pangkal Pinang. Ini kami gerakkan dulu yang lima orang. Nanti bergantian," kata Soelistyo.

Kepala Basarnas juga mengatakan, pihaknya mengikutsertakan para nelayan setempat untuk membantu mencari korban. "Pos pencarian ada di Pangkal Pinang, sehingga koordinasi dan informsi bisa dilakukan oleh pihak operator, dalam hal ini Polda Kepri."

Pesawat Polri tipe N 28 Skytruck itu hilang kontak dengan menara pemandu lalu lintas udara kemarin siang pukul 11.10 WIB di sekitar perairan Lingga, Kepri. Pesawat yang terbang dari Pangkal Pinang menuju Batam itu membawa 13 penumpang. Terdiri dari 5 kru dan 8 penumpang yang merupakan anggota Polri.

Sejauh ini, Basarnas mengaku telah memberikan tiga kantong jenazah ke RS Bhayangkara, Batam, Kepri. Tiga kantong jenazah yang diduga korban jatuhnya pesawat Polri tersebut masih belum teridentifikasi. Termasuk apakah tiga orang jenazah atau hanya potongan tubuh lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini