Sukses

Wakil Ketua MPR: Demo 2 Desember Lancar, Bukti Rakyat Cinta Damai

Menurut Oso, demo 2 Desember yang berjalan damai itu mencerminkan kematangan budaya Indonesia dalam kehidupan berbangsa.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang mengapresiasi jalannya demo 2 Desember di lapangan Monumen Nasional (Monas), Jumat 2 Desember kemarin.

Menurut pria yang karib disapa Oso ini, demo 2 Desember yang berjalan damai itu mencerminkan kematangan budaya Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Saya sudah menyampaikan masyarakat Indonesia cinta damai, rakyat tak bisa diadu domba. Sekarang, seluruh dunia melihat buktinya. Aksi doa bersama berlangsung hikmat dan damai meski diikuti oleh jutaan orang," ungkap Oso dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (3/12/2016).

Selain itu, lanjut dia, aksi tersebut juga membuktikan tentang tingginya toleransi dan ketaatan masyarakat Indonesia atas proses penegakan hukum. Ketakutan akan terjadinya kegaduhan, kata Oso, tidak terbukti, bahkan massa aksi ikut menjaga ketertiban dan kebersihan di lokasi kegiatan.

"Tidak ada massa aksi yang merusak fasilitas umum. Bahkan, mereka saling mengingatkan untuk menjaga ketertiban dan kebersihan di lokasi kegiatan. Ini patut diapresiasi," ucap senator asal Kalimantan Barat ini.

Oso pun mengapresiasi kerja keras dari aparat keamanan dalam menjaga jalannya demo 2 Desember. Menurut dia, pendekatan pesuasif dan komunikatif aparat kemanan sukses mencegah upaya provokatif sejumlah kelompok yang ingin menunggangi aksi tersebut.

"Jalannya aksi doa bersama sesuai niat awal. Ini buah kerja keras seluruh komponen bangsa dalam menjaga kebhinekaan dan keutuhan NKRI," Oso memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini