Sukses

Menteri Susi Dapat Gelar Doktor Honoris Causa dari Undip

Rektor Yos Johan mengatakan, penganugerahan gelar ini bukan karena Susi seorang menteri, namun ada kajian ilmiah yang sudah dilalui.

Liputan6.com, Semarang - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dijadwalkan menerima anugerah gelar doktor honoris causa dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Sabtu ini.

Menurut Rektor Undip Semarang Yos Johan Utama, penganugerahan gelar ini bukan karena Susi seorang menteri, namun ada kajian ilmiah yang sudah dilalui. Kebijakan yang diambil Susi dinilai sangat berdampak dalam berbagai bidang termasuk lingkungan dan ekonomi.

"Mungkin tanpa disadari Ibu Susi kami beri penilaian akademik. Yaitu metode dalam melakukan kebijakan, bukan karena beliau menteri. Ibu Susi dari metodologinya itu runtut sekali," kata Yos Johan di Gedung Widya Puraya, Undip Semarang, Sabtu (3/12/2016).

Menurut Yos, Susi sudah memenuhi dan lulus dari serangkaian metode ilmiah. Pemberian gelar tersebut juga sudah melalui persetujuan dari kalangan guru besar dan senat.

"Sisi lain lagi keberlanjutan, melarang menangkap lobster sekian gram, kemudian terkait jaring-jaring yang merusak alam. Kemudian hal yang jika dari akademik tidak terbantahkan yaitu peduli lingkungan," kata Johan.

Atas penganugerahan ini, Susi yang biasa tampil low profile tetap rendah hati. Bahkan Susi mengaku masih belum pantas menerima gelar tersebut.

"Ada yang datang ke rumah beri tanya jawab dievaluasi. Saya surprise hasilnya tinggi," kata Susi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini